Buku Seri Kedua Jejak Karya Anak Negeri BKKPII Edisi Ir. RIJ Soetopo “Mikul Gunung Melanglang Buana”

on . Posted in News

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sudah sangat banyak para Insinyur Indonesia yang mendedikasikan dirinya bagi pembangunan negeri ini. Diantaranya adalah yang terhormat bapak insinyur RIJ Soetopo. Buku seri jejak karya anak negeri edisi Ir. RIJ Soetopo “Mikul Gunung Melanglang Buana” ini merupakan buku kedua, dimana buku Jejak Karya Anak Negeri sebelumnya kami menampilkan edisi Ir. Kotan Pasaman, IPU “Berkarya dengan Hati”.

Buku RIJ Soetopo_Mikul Gunung Melanglang BuanaDalam rekam jejak perjalanan pengabdian Pak Soetopo sebagai seorang Insinyur dalam pembangunan Indonesia, khususnya dalam industri Bidang Migas, BKK PII melihat bahwa banyak pengetahuan dan pengalaman beliau adalah sangat layak dan harus dituliskan ulang sebagai warisan bagi Insinyur Indonesia saat ini dan masa mendatang. Pengabdian beliau yang dimulai sejak menimba ilmu dimasa negeri ini masih dalam kungkungan asing, bergulat melawan intimidasi asing melalui diplomasi, menjadi ketua PEMSI, mengambil alih fasilitas yang dikuasai oleh Shell hingga terlibat dalam lahirnya Pertamina, ikut serta dalam membangun industri migas yang kuat dan sekaligus memperhatikan kesejahteraan karyawannya tanpa kenal lelah beliau mengabdikan dirinya untuk membangun Industri Migas melalui Pertamina untuk masa depan bangsa yang dapat kita nikmati pada hari ini sosok RIJ Soetopo merupakan founding father dari industri minyak dan LNG Indonesia, memegang teguh  prinsip, visioner dan mencoba untuk tidak mencampurkan keputusan profesional dengan politik dengan segala konsekuensinya

Para Hadirin yang saya hargai, Pada hari ini mungkin kita dapat tersenyum, salah satunya adalah atas upaya dan kerja keras beliau, Ir. RIJ Soetopo, yang tanpa kisah tertulis, mungkin kita tak akan pernah tahu betapa “tidak mengenakkannya” kondisi dimasa perjuangan beliau, perjuangan dengan kondisi sosial yang belum seberuntung kita pada masa kini, perjuangan dan pengabdian seorang insinyur atas nama diri, atas nama keluarga, dan atas nama bangsa, sungguh sebuah kisah hidup layaknya sebuah perjuangan mewujudkan kemerdekaan republik Indonesia karena berisikan proses pendirian dan perebutan hak kedaulatan industri minyak dan LNG Indonesia. Bukan suatu pilihan yang mudah pada zaman tersebut untuk beliau jalani, tentunya ini menjadi sebuah cambuk yang sekaligus penyemangat bagi kita, Insinyur Indonesia saat ini agar dapat meneruskan perjuangan beliau. Keahlian profesi dan kepercayaan diri yang sangat tinggi kelihatan menonjol dan menjadi landasan kesuksesan demi kesuksesan yang diraih yang tidak hanya berskala nasional tapi juga internasional dan ini yang menjadi modal kepercayaan rekan dan partner kerja baik bangsa Indonesia ataupun expatriate.

Pak Soetopo yang kami cintai, Terima kasih. Keberadaan bapak tidak akan pernah kami lupakan. Melalui buku ini kami berharap bahwa anak, cucu dan mereka generasi penerus bangsa mendatang akan tetap dapat mengenal bapak, belajar dari Perjuangan Bapak, meneladani dan terus melanjutkan perjuangan Bapak. Penghargaan yang sebesar-besarnya dari kami Para Insinyur Kima Indonesia bagi Bapak sekeluarga, suatu perkenan dari Tuhan Yang Maha Kuasa bagi kami yang muda untuk dapat bersilaturahim dengan Bapak dan keluarga Bapak. Kami yakin, adalah sangat tidak mudah menjadi seorang RIJ Soetopo, namun kami yakin bahwa kami dapat meneladani kehidupan mulia Bapak, khususnya kiprah Bapak sebagai Insinyur Indonesia yang bermartabat. Semoga buku ini dapat menjadi inspirasi bagi calon juara industri kimia Indonesia pada khususnya dan generasi muda Indonesia pada umumnya.

Kami senantiasa berharap dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi, dengan cara belajar dari pengalaman para pendahulu, meniru serta melanjutkan hal-hal baik yang sudah ada dan meneladani sifat utama dengan cara melestarikannya demi kejayaan Insinyur Indonesia dalam kiprahnya pada pembangunan Bangsa.

Share

Dowload Laporan Kegiatan BKKPII Tahun 2010 s/d 2012 : Laporan Kegiatan BKKPII