Peluncuran Inspirational Book Series BKKPII, Jejak Karya Anak Negeri

on . Posted in News

Sebagai bagian untuk memberikan apresiasi terhadap jiwa kepemimpinan beberapa tokoh Insinyur Indonesia, Badan Kejuruan Kimia Persatuan Insinyur Indonesia (BKKPII) meluncurkan buku serial bertajuk ‘Jejak Karya Anak Negeri’ dengan Autobiografi Kotan Pasaman, Bapak Industri Pupuk Indonesia sebagai buku perdana.

Buku serial ‘Jejak Karya Anak Negeri’ menampilkan tokoh-tokoh pemimpin bergelar insinyur yang inspriratif dan mumpuni yang layak untuk dijadikan panutan bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda yang membutuhkan suri tauladan sebagai pegangan untuk menjalani kehidupan kesehariannya.
BKKPII mengangkat Kotan Pasaman sebagai tokoh yang telah berkecimpung di industri pupuk Tanah Air sehingga dijuluki sebagai ‘Bapak Industri Pupuk Indonesia’.

Sosok Kotan Pasaman yang sederhana, bersahaja, pekerja keras, tegas, berjiwa besar dan selalu dekat dengan bawahan menjadi nilai lebih untuk dapat menginspirasi masyarakat umum dalam mencontoh tingkah laku beliau.
Ditulis oleh Linda Djalil dan R. Ahmed Kurnia Soeiawidjaja, buku autobiografi Kotan Pasaman ini juga merupakan sebuah usaha yang diperlihatkan oleh BKKPII untuk mengabadikan kisah perjalanan hidup Kotan Pasaman sebagai sosok yang banyak menghabiskan waktu, tenaga dan pikirannya untuk perkembangan dan kemajuan industri pupuk dan industri kimia di Indonesia.

Linda Djalil berbagi cerita seputar kiprahnya menuangkan cerita hidup Kotan Pasaman menyatakan apa yang ditulisnya banyak bercerita tentang kebajikan, pemikiran dan perilaku Kotan. Diharapkan pembaca mendapat kesempatan untuk mengenal lebih dekat sosok yang mendapat predikat sebagai ‘Bapak Industri Pupuk Indonesia’ ini secara personal.

“Sekitar 27 narasumber di berbagai lokasi telah menyumbangkan kisahnya termasuk anak dan istri Kotan Pasaman. Diantaranya ada mantan pejabat, mantan petinggi dan mantan bawahan yang semuanya kini telah menjadi sahabat dan kerabat Kotan," jelas Linda Djalil.

Terkait dengan penulisan buku ini, Kotan Pasaman merasa gembira dengan perhatian BKKPII atas dibuatkannya buku autobiografi perjalanan hidupnya.
“Saya berharap kisah hidup saya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk mendedikasikan hidupnya bagi kemajuan Bangsa”, ujar Kotan Pasaman yang terlihat bahagia didampingi istri, anak dan cucu-cucunya di sela-sela peluncuran buku autobiografinya.

Dengan diluncurkannya buku perdana berisikan autobiografi Kotan Pasaman ini, BKKPII berharap akan memacu semangat tim BKKPII untuk meluncurkan buku rekam jejak lainnya yang berisikan kegigihan-kegigihan para insinyur dalam merintis pembangunan industri kimia di Indonesia.

Kotan Pasaman memiliki pengalaman kerja di Institut Teknologi Bandung sebagai Dosen Jurusan Teknik Kimia periode tahun 1958 – 1961; PT. Pupuk Sriwidjaja (PUSRI) periode tahun 1961 – 1982 dengan jabatan terakhir sebagai Direktur Teknik dan Produksi; PT. Semen Cibinong periode tahun 1982 – 1983 sebagai Direktur; PT. Pupuk Kalimantan Timur periode tahun 1983 – 1990 dengan jabatan sebagai Presiden Direktur.

Kemudian, Staf Ahli untuk Menteri pada Kementerian Perindustrian Republik Indonesia periode tahun 1990 – 1993; PT. Semen Gresik sebagai Komisaris Utama periode tahun 1990 – 1995; PT. Pasaman & Soeparman Chemical Engineer.

Sumber : http://www.tribunnews.com/2012/12/15/autobiografi-diluncurkan-kotan-pasaman-bisa-jadi-inspirasi

Share

Dowload Laporan Kegiatan BKKPII Tahun 2010 s/d 2012 : Laporan Kegiatan BKKPII