MAJALAH INSPIRASI INSINYUR

on . Posted in News

Majalah Inspirasi Ir. terbit secara berkala setiap bulan, dengan menyajikan rubrik antara lain tren, pendidikan, profil insinyur, sudut pandang, temuan, gawai, wawancara, perjalanan, kanan kiri, figur muda, ulasan buku/film, masa depan, jalan bersama, liputan utama, kolom, dan infografis.

Berangkat dari kekhawatiran banyak pihak terhadap kurangnya jumlah insinyur di Indonesia untuk berperan aktif dalam membangun negeri ini, sebuah gagasan untuk lebih mendorong minat yang muda-muda yang berpotensi terhadap ilmu teknik dan menjadi insinyur muncul. Gagasan itu diwujudkan dalam bentuk penerbitan majalah lnspirasi lnsinyur  yang kami singkat menjadi lnspirasi.lr agar lebih unik dan terkesan catchy.

Kami menyadari bahwa saat ini waktu yang dimiliki orang untuk membaca media cetak semakin terbatas. Untuk menyikapi kecenderungan itu, majalahlnspirasi.lr tampil  dengan  lebih  mengedepankan  infografis  di setiap rubrik, tentu dengan tidak mengesampingkan muatan informasi dalam bentuk tulisan. Bahkan beberapa rubrik  kami kemas dengan menampilkan infografis saja yang mudah-mudahan gampang diserap.

Walaupun menyandang nama insinyur dari singkatan lr., seluruh artikel dalam majalah ini tidak mau terjebak dalam istilah dan bahasa yang sangat teknis dan mengerinyitkan dahi. Menggunakan bahasa yang populer dan infografis  yang menarik, kami kira akan mampu memunculkan minat masyarakat, terutama yang muda-muda yang berpotensi, terhadap ilmu teknik dan keinsinyuran.

Pada edisi perdana yang tengah Anda baca ini, lnspirasi.lr menurunkan la¬poran utama mengenai kurangnya jumlah insinyur di Indonesia dan pendidikan sarjana teknik.Pendidikan adalah dasar untuk meningkatkan daya saing bangsa, termasuk juga pendidikan tinggi teknik sebagai dasar profesi insinyur. Selain mengulas pendidikan teknik di Indonesia, kami juga membandingkannya dengan beberapa negara lain untuk  melihat  posisi Indonesia dalam kancah regional maupun global. lni akan menjadi kebiasaan kami.

Kami juga mengangkat beberapa profil insinyur Indonesia dan seorang dari India, negara yang bersama China, Brazil, dan Rusia yang mencatat pertumbuhan ekonomi yang tinggi serta profil mahasiswa yang punya prestasi di tingkat dunia. Selain itu, kami juga menampilkan rubrik perjalanan yang mengulas berbagai karya keinsinyuran di Surabaya, serta berbagairubrik lainnya yang tak kalah menarik.

Tentu langkah awal ini belumlah sempurna sehingga kami sangat mengharap¬ kan kritik dan saran dari pembaca agar majalah ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi mereka yang berkutat pada bidang teknik serta masyarakat luas. Akhirnya kami ucapkan selamat membaca dan selamat memasuki tahun yang baru, semoga kesehatan dan sukses selalu menyertai Anda.

Salam redaksi.
Perkantoran Buncit Mas CC-2
Jl. Mampang Prapatan Raya No. 108
Jakarta Selatan 12720
Telp: +62 21 7987671
Fax: +62 21 7982644
Berlangganan: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Share

Dowload Laporan Kegiatan BKKPII Tahun 2010 s/d 2012 : Laporan Kegiatan BKKPII