Medco Mulai Garap Geothermal Ijen

on . Posted in News

Kelompok usaha Medco terus berekspansi. Tahun ini PT Medco Power Indonesia melalui anak usahanya PT Medco Cahaya Geothermal berencana mengembangkan Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) di Ijen, Jawa Timur, yang berkapasitas 2x55 megawatt (MW). Pada tahap awal, perusahaan akan menginvestasikan dana sebesar US$20 juta untuk pengeboran dua sumur eksplorasi panas bumi di Gunung Ijen.

Menurut Direktur Utama Medco Power Fazil E Alfitri, pengeboran sumur pertama akan mulai dilakukan di Juli mendatang dengan biaya US$ 7 juta. Pengeboran sumur kedua dilakukan di akhir tahun ini, katanya, usai penandatangan perjanjian jual beli listrik atau Power Purchase Agreement (PPA) dengan PLN, pada Rabu, 27/2.

Total Investasi untuk pengeboran dua sumur tersebut sebesar USD 14 juta. Sementara, sisanya USD 6 juta akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan desain teknis pengembangan PLTP Ijen.

Total investasi yang dibutuhkan untuk proyek ini mencapai USD 400 juta. Sumber dananya 30% berasal dari internal, selebihnya dari pinjaman. Diperkirakan cadangan panas bumi di kawasan tersebut mencapai 255 MW. (KTN)

Sumber: www.energitoday.com

Share

Dowload Laporan Kegiatan BKKPII Tahun 2010 s/d 2012 : Laporan Kegiatan BKKPII